Text
Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui media pop up book siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 157 Palembang
Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penggunaan
MediaPop Up Bookpada siswa kelas VD SD Negeri 157 Palembang. Masalah yang diangkat adalah
apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat dengan
menggunakan MediaPop Up Bookdi kelas VD SD Negeri 157 Palembang. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VD SD
Negeri 157 Palembang yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa
perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
pada pelaksanaan Siklus I Pertemuan 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa 48,27%dan Siklus
I Pertemuan 2 meningkat menjadi 58,62%. Hasil penelitian pada Siklus II Pertemuan 1 ketuntasan hasil
belajar siswa mencapai 75,86% dan Siklus II Pertemuan 2 sebesar 93,10%. Hasil aktivitas belajar siswa
pada Siklus I Pertemuan 1 dikategorikan aktif yaitu 63,79% dan Siklus I Pertemuan 2 sebesar 71,55
yang terkategori aktif. Pada Siklus II Pertemuan 1 mencapai 81,89 yang termasuk kategori sangat aktif
dan Siklus II Pertemuan 2 sebesar 87,07 terkategori sangat aktif. Dari data tersebut menunjukkan
bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VD
SD Negeri 157Palembang setelah menggunakan Media Pop Up Book.
No copy data
No other version available