Text
Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Discovery
Learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu.
Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.4 dan kelas VII.6. Sampel
penelitian ini berjumlah 51 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen, peneliti menggunakan sampel random atau acak
sehingga didapatlah rincian 25 siswa kelas VII.4 sebagai kelompok eksperimen dan
26 siswa kelas VII.6 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis teks tanggapan deskriptif pola
subjektif dengan memperhatikan stukturnya (kriteria panjang 12—15 kalimat).
Teknik analisis data dengan teknik statistik uj-t dengan menggunakan program
komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil
tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal
menulis teks tanggapan deskriptif kelompok kontrol 58,4615 dan kelompok
eksperimen 58,3200. Pada kedua kelas tersebut tidak ada siswa yang mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 80. Ini membuktikan bahwa hasil tes awal siswa
relatif sama. Nilai rata-rata tes akhir menulis teks tanggapan deskriptif kelompok
kontrol 80,1923 dan kelompok eksperimen 87,2400. Siswa yang mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelompok eksperimen 25 orang siswa (100%) dan
pada kelompok kontrol 18 orang siswa (69,23%). Hasil analisis data dengan uji-t
membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 2,620 > 2,01 dengan df= 49 pada tingkat
signifikasi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan keterampilan
menulis teks tanggapan deskriptif antara siswa yang diajarkan dengan model
Discovery Learning dengan siswa yang diajarkan dengan strategi yang digunakan
guru” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa model
Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis
teks tanggapan deskriptif
No copy data
No other version available