The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang

Text

Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang

Zakia Rachmawati - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Discovery
Learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu.
Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.4 dan kelas VII.6. Sampel
penelitian ini berjumlah 51 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen, peneliti menggunakan sampel random atau acak
sehingga didapatlah rincian 25 siswa kelas VII.4 sebagai kelompok eksperimen dan
26 siswa kelas VII.6 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis teks tanggapan deskriptif pola
subjektif dengan memperhatikan stukturnya (kriteria panjang 12—15 kalimat).
Teknik analisis data dengan teknik statistik uj-t dengan menggunakan program
komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil
tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal
menulis teks tanggapan deskriptif kelompok kontrol 58,4615 dan kelompok
eksperimen 58,3200. Pada kedua kelas tersebut tidak ada siswa yang mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 80. Ini membuktikan bahwa hasil tes awal siswa
relatif sama. Nilai rata-rata tes akhir menulis teks tanggapan deskriptif kelompok
kontrol 80,1923 dan kelompok eksperimen 87,2400. Siswa yang mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelompok eksperimen 25 orang siswa (100%) dan
pada kelompok kontrol 18 orang siswa (69,23%). Hasil analisis data dengan uji-t
membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 2,620 > 2,01 dengan df= 49 pada tingkat
signifikasi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan keterampilan
menulis teks tanggapan deskriptif antara siswa yang diajarkan dengan model
Discovery Learning dengan siswa yang diajarkan dengan strategi yang digunakan
guru” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa model
Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis
teks tanggapan deskriptif


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Zak p 2014
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Collation
xvi, 67 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Model Discovery Learning, teks tanggapan deskripti
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search