The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh teknik probing prompting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk

Text

Pengaruh teknik probing prompting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk

RISNAWATI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh teknik
probing prompting dengan teknik tanya jawab terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk tahun ajaran
2013/2014. Desain penelitian ini menggunakan true eksperimental design dalam
bentuk pretest posttest control group desain. Populasi penelitian adalah semua
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk tahun ajaran 2013/2014
yang berjumlah 176 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik
Cluster Random Sampling dan didapatlah dua kelas yaitu kelas VIII.1 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas VIII.3 sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada
penelitian berupa tes dan observasi dengan jenis soal pilihan ganda yang terdiri
dari 29 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan
perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 10,708 dan ttabel =2,001 pada taraf 5% dan
derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 jadi (dk = 58) yang berarti thitung > tinterpolasi
(10,708>2,001), maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada perbedaan pengaruh
teknik probing prompting dengan teknik tanya jawab terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk.
Perbedaan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar IPS peserta didik yang diberi
perlakuan teknik probing prompting lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS yang
diberi perlakuan teknik tanya jawab. Oleh karena itu, teknik probing prompting
ataupun teknik tanya jawab dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Ris p 2014
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Collation
Maaf daftar isi tidak tersedia
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Teknik Probing Prompting, Hasil Belajar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search