Text
Pengaruh teknik probing prompting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh teknik
probing prompting dengan teknik tanya jawab terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk tahun ajaran
2013/2014. Desain penelitian ini menggunakan true eksperimental design dalam
bentuk pretest posttest control group desain. Populasi penelitian adalah semua
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk tahun ajaran 2013/2014
yang berjumlah 176 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik
Cluster Random Sampling dan didapatlah dua kelas yaitu kelas VIII.1 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas VIII.3 sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada
penelitian berupa tes dan observasi dengan jenis soal pilihan ganda yang terdiri
dari 29 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan
perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 10,708 dan ttabel =2,001 pada taraf 5% dan
derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 jadi (dk = 58) yang berarti thitung > tinterpolasi
(10,708>2,001), maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada perbedaan pengaruh
teknik probing prompting dengan teknik tanya jawab terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk.
Perbedaan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar IPS peserta didik yang diberi
perlakuan teknik probing prompting lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS yang
diberi perlakuan teknik tanya jawab. Oleh karena itu, teknik probing prompting
ataupun teknik tanya jawab dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik
No copy data
No other version available