Text
Penerapan model pembelajaran Eksperiensial untuk meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik di kelas XI.MIA2 SMAN 2 Tanjung Raja
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI.MIA2 SMAN 2 Tanjung Raja melalui penerapan model pembelajaran eksperiensial. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI.MIA2 SMAN 2 Tanjung Raja yang berjumlah 29 orang. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum tindakan sebesar 61,24 dengan ketuntasan belajar sebesar 10,34%, rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus 1 (T1) sebesar 66,90 dengan ketuntasan belajar sebesar 31,03%, rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus 2 (T2) sebesar 75,52 dengan ketuntasan belajar sebesar 51,72%, rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus 3 (T3) sebesar 81,72 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,21%. Hasil belajar kimia peserta didik meningkat melalui penerapan model pembelajaran eksperiensial ditunjukkan dari ketuntasan dan rata-rata hasil belajar peserta didik dari T0 < T1 < T2 < T3. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran eksperiensial pada mata pelajaran kimia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik; bagi peneliti lain dapat menerapkan model pembelajaran eksperiensial pada topik lainnya dalam mata pelajaran kimia
No copy data
No other version available