Text
Pengembangan bahan ajar IPA topik kepadatan populasi manusia dan dampaknya terhadap lingkungan berbasis material lokal di Sumatera Selatan untuk siswa SMP
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan
praktis untuk topik kepadatan populasi manusia dan dampaknya terhadap lingkungan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research/DR)
menurut Akker (1999) dengan melalui tiga tahap utama yaitu, analisis, perancangan, dan
evaluasi. Tahap evaluasi formatif menurut Tessmer (1993) meliputi evaluasi sendiri (self
evaluation), validasi pakar (expert review), evaluasi orang per orang (one to one), evaluasi
kelompok kecil (small group). Validasi bahan ajar dilakukan melalui tahap validasi pakar
(expert review) yang terdiri dari ahli materi (isi), ahli pedagogik, dan bahasa. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah validasi pakar (expert review) dan angket. Data
yang berhasil dikumpulkan adalah (1) hasil data validasi pakar (expert review) diketahui
bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinilai valid oleh validator (2) hasil data angket
diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan praktis oleh para siswa yang
telah mengisi lembar angket. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa
telah dihasilkan produk bahan ajar yang valid dan praktis setelah melalui tahap analisis,
perancangan, dan evaluasi.
No copy data
No other version available