Text
Pendekatan konseling realitas dalam meningkatkan penyesuaian diri terhadap ibu tiri pada siswa “X” kelas VIII.5 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap ibu tiri
melalui pendekatan konseling realitas pada siswa “X” kelas VIII.5 di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 22 Palembang. Pendekatan penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Pengumpulan data menggunakan
lembar observasi dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pendekatan konseling realitas dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa “X”
terhadap ibu tiri. Berdasarkan skor hasil wawancara terstruktur sebelum dilakukan
tindakan konseling realitas, skor penyesuaian diri yang didapat siswa “X” adalah dua
puluh lima yang dikategorikan sangat rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus
pertama skor penyesuaian diri siswa “X” menunjukkan adanya peningkatan menjadi
tiga puluh enam yang dikategorikan sedang. Kemudian diberikan tindakan konseling
realitas pada siklus kedua, skor penyesuaian diri siswa “X” meningkat menjadi empat
puluh empat yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian, kegiatan layanan konseling
realitas dapat digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap ibu tiri pada
siswa “X”
No copy data
No other version available