Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui model talking stick pada siswa kelas V SD Negeri 14 Indralaya Utara
Penelitian ini membahas tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SD
Negeri 14 Indralaya Utara dengan menggunakam model Talking Stick. Permasalahannya
adalah apakah model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 14 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas,yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 14 Indralaya Utara yang berjumlah 25
siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan
teknik observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I
menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 64% dan hasil penelitian pada siklus
II ketuntasan hasil belajar siswa 88%. Hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar
59,05% yang dikategorikan cukup aktif kemudian pada siklus II meningkat menjadi
77,95% yang dikategorikan aktif. Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya
peningkatan hasil belajar IPA kelas VB SD Negeri 14 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir
setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick
No copy data
No other version available