Text
Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah diagnosis kendaraan program studi Pendidikan Teknik Mesin Fkip UNSRI
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif
yang cocok dan sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah diagnosis
kendaraan. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Lokasi penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
Universitas Sriwijaya pada mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2012 tahun
ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan
menjadi Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Penelitian ini terdiri dari tiga
tahapan, yaitu tahap perancangan, tahap produksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah validasi ahli, angket, dan wawancara. Validasi ahli
dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk dan kelayaknnya. Angket digunakan
untuk mengetahui respon dan tanggapan mahasiswa terhadap produk. Wawancara
dilakukan untuk menggali permasalahan dan kekurangan produk. Hasil dari penelitian
ini adalah: (1) Berdasarkan evaluasi pada tahap validasi ahli dan ujicoba perorangan
MPI telah dinyatakan valid dari aspek desain media dan materi (konten) dan dilakukan
revisi sesuai saran dan komentar dari ahli dan mahasiswa. (2) Dari evaluasi tahap
kelompok kecil didapat rata-rata persentase skor angket sebesar 86%, dan dari tahap
evaluasi ujicoba lapangan didapat rata-rata persentase skor 81% jadi, MPI yang
dikembangkan oleh peneliti dikategorikan sangat baik untuk digunakan dalam
pembelajaran.
No copy data
No other version available