The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi pembelajaran heuristik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Kayu Agung

Text

Pengaruh strategi pembelajaran heuristik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Kayu Agung

SELVIANI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan pengaruh strategi
pembelajaran heuristik dengan strategi pembelajaran tim pendengar terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Kayuagung”.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental design bentuk
Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X
terdiri dari 6 kelas semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 196 orang.
Sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah kelas X.1
sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 31
peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Observasi. Statistik untuk
mengalisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan analisis
data tes, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,74 sedangkan ttabel = 2,00, sehingga
pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh strategi
pembelajaran heuristik dengan strategi pembelajaran tim pendengar terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Kayuagung. Perbedaan
tersebut terlihat dari rerata hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen rerata hasil
belajar (pretest) peserta didik sebelum mendapat perlakuan sebesar 51,4 sedangkan setelah
mendapat perlakuan rerata hasil belajar (posttest) meningkat menjadi 91,9 dengan selisih
sebesar 40,5. Pada kelas kontrol sebelum perlakuan rerata hasil belajar (pretest) peserta didik
sebesar 45,1 sedangkan setelah perlakuan rerata hasil belajar (posttest) menjadi 81,6 dengan
selisih 36,5. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen yaitu 99,95%
dan kelas kontrol 90,85%, sehingga dapat diinterprestasikan aktivitas pembelajaran yang
dilakukan peneliti sangat baik


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Sel p 2014
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Collation
xii, 57 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Strategi Pembelajaran Heuristik, Hasil Belajar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search