Text
Pengaruh strategi pembelajaran heuristik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Kayu Agung
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan pengaruh strategi
pembelajaran heuristik dengan strategi pembelajaran tim pendengar terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Kayuagung”.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental design bentuk
Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X
terdiri dari 6 kelas semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 196 orang.
Sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah kelas X.1
sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 31
peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Observasi. Statistik untuk
mengalisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan analisis
data tes, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,74 sedangkan ttabel = 2,00, sehingga
pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh strategi
pembelajaran heuristik dengan strategi pembelajaran tim pendengar terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Kayuagung. Perbedaan
tersebut terlihat dari rerata hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen rerata hasil
belajar (pretest) peserta didik sebelum mendapat perlakuan sebesar 51,4 sedangkan setelah
mendapat perlakuan rerata hasil belajar (posttest) meningkat menjadi 91,9 dengan selisih
sebesar 40,5. Pada kelas kontrol sebelum perlakuan rerata hasil belajar (pretest) peserta didik
sebesar 45,1 sedangkan setelah perlakuan rerata hasil belajar (posttest) menjadi 81,6 dengan
selisih 36,5. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen yaitu 99,95%
dan kelas kontrol 90,85%, sehingga dapat diinterprestasikan aktivitas pembelajaran yang
dilakukan peneliti sangat baik
No copy data
No other version available