Text
Rancang bangun aplikasi IT Help Desk berbasis web pada PT. Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang
Pelayanan operasional SI dan infrastruktur TI merupakan tugas dan tanggung jawab departemen Teknologi Informasi PT. Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) Palembang. Tugas pelayanan ini juga termasuk proses pelayanan terhadap pengaduan/keluhan dan pertanyaan dari semua karyawan PT. PUSRI mengenai masalah kerusakan hardware, software dan juga jaringan. Akan tetapi, manajemen pelayanan pengaduan masalah yang ada saat ini terbilang kurang baik, hal ini dapat dilihat dari tidak adanya prosedur pasti dalam proses pengaduan kepada departemen TI. Selain itu juga, proses penyelesaian masalah juga menjadi tidak beraturan karena tidak adanya sistem antrian. Laporan kepada pihak atasan juga menjadi tidak lengkap karena proses pendataan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi IT Help Desk berbasis Website pada PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang yang diharapkan dapat membantu memanajemen proses pelayanan pengaduan/keluhan mengenai masalah-masalah operasional SI dan infrastruktur TI. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall dan juga mengadopsi metode Delbecq yang merupakan metode untuk menghitungan prioritas masalah pada saat menentukan urutan antrian keluhan yang akan diselesaikan serta adanya laporan pendukung mengenai nilai MTTR, MTBF, Availability dan Reliability. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi dapat mengolah data pengaduan/keluhan beserta data penyelesaiannya dan juga dapat membuat laporan aktifitas pelayanan keluhan serta laporan pendukung lainnya yang dapat menjadi pertimbangan manajer dalam memperhatikan kinerja hardware. Selain itu aplikasi membuat sistem antrian keluhan menjadi lebih teratur.
No copy data
No other version available