Text
Pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri 05 Indralaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas
IV SD Negeri 05 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode pre-experimental dengan rancangan One group pretest-posttest design.
Populasi penelitian ini kelas IVB SD Negeri 05 Indralaya dan Sampel penelitian
ini terdiri dari satu kelas, dengan jumlah siswa laki-laki 10 orang dan perempuan
15 orang jadi total siswa ada 25 orang. Adapun instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data
tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji
menggunakan uji . Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji diperoleh
20,53 hitung t sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh 1,711 tabel t sehingga
terlihat bahwa hitung tabel t t . Oleh karena itu, 0 H ditolak dan a H diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas
IV SD Negeri 05 Indralaya.
No copy data
No other version available