Text
Pengembangan modul biologi berbasis karakter menurut al–quran pada materi sistem reproduksi manusia di SMA kelas XI IPA
Penelitian pengembangan modul biologi berbasis karakter menurut Al-Qur’an pada materi
sistem reproduksi manusia di SMA kelas XI IPA telah dilakukan untuk menghasilkan
produk modul yang valid dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
pengembangan (Development Research) menurut Akker dengan melalui tiga tahap utama,
yaitu analisis, perancangan, dan evaluasi. Evaluasi modul berbasis karakter menurut AlQur’an dilaksanakan di SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga Inderalaya. Subjek
penelitian evaluasi adalah siswa kelas XI IPA SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum semester
genap tahun ajaran 2013/ 2014. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik
dokumentasi, lembar validasi bahan ajar, tes dan angket. Data yang berhasil dikumpulkan
adalah (1) hasil data dokumetasi dan wawancara diketahui bahwa di SMA Islam Terpadu
Raudhatul Ulum pada pelajaran biologi belum menggunakan bahan ajar yang berbasis AlQur’an , (2) hasil data validasi pakar diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinilai
valid oleh validator baik dari segi media, bahasa, materi, dan tafsir ayat Al-Qur’an (3) hasil
data angket diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat baik oleh para
peserta didik yang telah mengisi lembar angket. (4) hasil tes siswa diketahui bahwa bahan
ajar yang dikembangkan dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil data penelitian dapat
disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk bahan ajar yang valid dan efektif dalam bentuk
modul setelah melalui tahap analisis, perancangan, dan evaluasi
No copy data
No other version available