The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh metode belajar ingin tahu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang

Text

Pengaruh metode belajar ingin tahu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang

KISWANTO - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh metode
pembelajaran belajaringintahu dengan metode pembelajaran campuran terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode
pembelajaran KWL(know- want- learned) ataubelajaringintahu dengan metode
pembelajaran campuran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15
Palembang. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X yang berjumlah 321
orang dan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster
random sampling dan didapat kelas eksperimen kelas X.1 berjumlah 32 dan kelas
kontrol X.8 berjumlah 32. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi
Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design.
Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan observasi. Tes sebelum
diujikan kelapangan terlebih dahulu di validitas dan reliabilitas dan tes yang valid
berjumlah 29 yang diuji cobakan ke lapangan. Statistik yang digunakan adalah
statistik parametris. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan uji t dengan
taraf signifikasi (α=0,05) diperoleh thitung sebesar 6,815 dan ttabel sebesar 1,999. Dari
hasil uji t tersebut dapat dinyatakan bahwa thitung = 6,815 ≥ ttabel = 1,999. thitung ≥ ttabel
maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada perbedaan pengaruh metode
pembelajaran KWL(know- want- learned) atau belajaringintahu dengan metode
pembelajaran campuran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
di SMA Negeri 15 Palembang.Perbedaannyadapatdilihatdarirerata hasil
belajarsiswapadakelaseksperimen dengan nilai pretest sebesar
62,13danpostestsebesar 90,66. Sedangkanuntukkelaskontrolreratanilai pretest
sebesar 61,47danpostestsebesar 85,34. Oleh karena itu, disarankanbagi guru untuk
menerapkan metode belajaringintahusebagaisalahsatualternatifuntuk meningkatkan
hasil belajarsiswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Kis p 2014
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Collation
xii, 71 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode Pembelajaran KWL (know- want- learned) atau
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search