Text
Pengaruh metode belajar ingin tahu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh metode
pembelajaran belajaringintahu dengan metode pembelajaran campuran terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode
pembelajaran KWL(know- want- learned) ataubelajaringintahu dengan metode
pembelajaran campuran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15
Palembang. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X yang berjumlah 321
orang dan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster
random sampling dan didapat kelas eksperimen kelas X.1 berjumlah 32 dan kelas
kontrol X.8 berjumlah 32. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi
Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design.
Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan observasi. Tes sebelum
diujikan kelapangan terlebih dahulu di validitas dan reliabilitas dan tes yang valid
berjumlah 29 yang diuji cobakan ke lapangan. Statistik yang digunakan adalah
statistik parametris. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan uji t dengan
taraf signifikasi (α=0,05) diperoleh thitung sebesar 6,815 dan ttabel sebesar 1,999. Dari
hasil uji t tersebut dapat dinyatakan bahwa thitung = 6,815 ≥ ttabel = 1,999. thitung ≥ ttabel
maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada perbedaan pengaruh metode
pembelajaran KWL(know- want- learned) atau belajaringintahu dengan metode
pembelajaran campuran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
di SMA Negeri 15 Palembang.Perbedaannyadapatdilihatdarirerata hasil
belajarsiswapadakelaseksperimen dengan nilai pretest sebesar
62,13danpostestsebesar 90,66. Sedangkanuntukkelaskontrolreratanilai pretest
sebesar 61,47danpostestsebesar 85,34. Oleh karena itu, disarankanbagi guru untuk
menerapkan metode belajaringintahusebagaisalahsatualternatifuntuk meningkatkan
hasil belajarsiswa.
No copy data
No other version available