Text
Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soalsoal uraian pokok bahasan fluida statik di kelas CI-BI (Cerdas Istimewa-Bakat Istimewa) SMAN 1 Indralaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat kemampuan siswa kelas CI-BI (Cerdas Istimewa-Bakat Istimewa) SMA Negeri 1 Indralaya Utara dalam menyelesaikan soal-soal uraian pokok bahasan fluida statik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.D CI-BI (Cerdas Istimewa-Bakat Istimewa) SMA Negeri 1 Indralaya Utara yang berjumlah 22 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang dilakukan dengan tujuan menggambarkan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal uraian pokok bahasan fluida statik di kelas CI-BI (Cerdas Istimewa-Bakat Istimewa) SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Hasil penelitian ini di dapat persentase siswa yang termasuk kriteria Baik Sekali rata-rata 9,09%, yang termasuk ke dalam kriteria Baik rata-rata 13,6%, yang termasuk kriteria Cukup rata-rata 22,7%, yang termasuk kriteria Kurang rata-rata 31,8% dan yang termasuk kriteria Sangat Kurang rata-rata 22,7%. Kesulitan siswa dalam mengaplikasikan konsep dikarenakan siswa kurang memahami konsep tersebut sehingga siswa kesulitan dalam mengemukakan pendapat untuk menjawab soal. Selain itu soal-soal yang diujikan tersebut jarang mereka temui. kebanyakan siswa hanya mengenal rumus dan terbiasa latihan dengan soal-soal hitungan. Disarankan kepada guru agar membiasakan untuk memberikan soal-soal konsep. Selain itu di dalam proses belajar mengajar fisika jangan disajikan hanya sebagai kumpulan rumus yang harus dihafal oleh siswa, hendaknya diterapkan konsep dasar, menggunakan variasi dalam pembelajaran seperti menggunakan alat bantusehingga memperjelas pemahaman konsep siswa.
No copy data
No other version available