Text
Peningkatan kemampuan menulis poster dengan media audio visual siswa kelas viii a Madrasah Tsanawiyah (Mts) Nurul Islam Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media audio visual
dapat meningkatkan kemampuan menulis poster siswa kelas VIII A MTs Nurul
Islam Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasi? Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan menulis poster dengan media audio visual siswa
kelas VIII A MTs Nurul Islam Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi
Banyuasin. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs
Nurul Islam yang berjumlah 30 orang siswa berjenis kelamin laki-laki. Lokasi
penelitian di MTs Nurul Islam yang beralamat di jalan Palembang-Jambi Km 203,
Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dari hasil tes dan penilaian proses, sedangkan teknik
analisis data dilakukan terhadap siswa dalam pembelajaran dan evaluasi diakhir
tindakan. Tes awal nilai rata kelas 57 dan presentasi kelulusan klasikal 23,33% Pada
hasil tes siklus pertama nilai rata-rata meningkat menjadi 70,83 dan presentasi
kelulusan klasikal 63,33%. Hasil tes siklus kedua nilai rata-rata meningkat menjadi
79,73 dan presentasi kelulusan klasikal 86,67%. Dari segi proses juga terdapat
peningkatan, berdasarkan hasil pengamatan siklus I rata-rata 66,25% siswa
menggambar poster dengan mengunakan warna, penulisan huruf berwarna,
penggunaan tanda baca tepat, dan pengaturan gambar dan tulisan dalam poster
seimbang. Pada siklus II hasil penilaian proses meningkat menjadi rata-rata 86,25
siswa menggambar poster dengan mengunakan warna, penulisan huruf berwarna,
penggunaan tanda baca tepat, dan pengaturan gambar dan tulisan dalam poster
seimbang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan menulis
poster siswa kelas VIII A MTs Nurul Islam dengan menggunakan media audio visual.
Hal ini dibuktikan dari hasil tes akhir dan hasil proses pembelajaran setiap siklus
yang menunjukkan peningkatan.
No copy data
No other version available