Text
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Word Square Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas Iv Sd Negeri 25 Inderalaya
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui
model Word Square pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 25 Inderalaya. Penelitian ini
dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri 25 Inderalaya tahun pelajaran
2013/2014 yang berjumlah 34 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali
pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini dapat dicapai apabila siswa mendapat
nilai hasil belajar KKM 65 dengan ketuntasan klasikal 80%. Berdasarkan hasil evaluasi pada
siklus I pertemuan 1 diperoleh ketuntasan klasikal 47,06%, pada siklus I pertemuan 2
diperoleh ketuntasan klasikal 58,82%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 diperoleh
ketuntasan klasikal 73,53%, dan pada siklus II pertemuan 2 diperoleh ketuntasan klasikal
85,29%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini, dapat diambil kesimpulan
bahwa model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena
itu, disarankan agar guru kelas dapat menggunakan model pembelajaran word square sebagai
alternatif dalam melaksanakan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswanya.
No copy data
No other version available