The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi pembelajaran quick on the draw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 2 Ujan Mas

Text

Pengaruh strategi pembelajaran quick on the draw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 2 Ujan Mas

ELLA ASMARANTIKA - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi
pembelajaran quick on the draw dengan strategi pembelajaran pemilahan kartu
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ujan Mas.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental bentuk Quasi –
Eksperimental Design dengan design penelitian Nonequivalent control group
design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri
dari 5 kelas dengan jumlah 157 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapat kelas sebagai
kelas ekperimen dengan jumlah 31 peserta didik dan kelas sebagai kelas
kontrol dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu
menggunakan uji-t dengan tingkat signifikan (α = 0,05) dimana hasil koefisien
determinan sebesar 67,08% yang berarti hasil belajar peserta didik dipengaruhi
oleh strategi pembelajaran quick on the draw dan sebesar 32,92% dipengaruhi
oleh faktor lain. Berdasarkan perhitungan dengan uji-t diperoleh ≥
yaitu = 2,076 ≥ = 1,671, sehingga pada penelitian ini Ha diterima
dan Ho ditolak yaitu terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran quick on
the draw dengan strategi pembelajaran pemilahan kartu terhadap hasil belajar
peserta didik. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik
pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik pada kelas
kontrol. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas ekperimen reratanya
sebesar 89,3% dan kelas kontrol 88,7% sehingga dapat diinterpretasikan aktifitas
belajar peserta didik selama proses pembelajaran sangat baik. Oleh karena itu,
disarankan bagi peneliti berikutnya agar meneliti strategi pembelajaran quick on
the draw terhadap variabel yang lebih khusus seperti kemampuan berfikir kritis.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Ela p 2014
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Collation
xii, 70 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Strategi, Pembelajaran
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search