Text
Penerapan Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi bisnis pada sistem informasi instalasi listrik PT. Dinamika Pemuda Cipta Utama Cabang Palembang berbasis web
Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan merupakan alat yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan usaha pada PT. Dinamika Pemuda Cipta Utama sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggannya. Pengembangan system informasi pada perusahaan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa hal, salah satunya dengan cara menerapkan Customer Relationship Manageent (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan. Adapun tujuan penerapan CRM pada sistem informasi diatas adalah untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada (retain). Penerapan konsep CRM diatas menggunakan sistem berbasis web, selain itu juga digunakan system SMS Gateway (Short Messenger Service) yang digunakan sebagai penunjang berjalannya sistem CRM tersebut. SMS Gateway dapat digunakan untuk mengirimkan data FAQ pada pelanggan secara langsung dan dapat diterima sekaligus dapat diketahui pelanggan secara langsung juga. Untuk pengembangan system informasi pelayanan pelanggan pada PT. Dinamika Pemuda Cipta Utama yang berbasis web menggunakan metode pengembangan system FAST (Framework For The Application System Thinking). System informasi ini diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman PHP Codeigniter. Tugas akhir ini menghasilkan system informasi pelayanan yang terdiri dari pengelolaan layanan pelanggan, pengelolaan FAQ, pengelolaan informasi-informasi yang dapat menunjang system informasi pelayanan serta pengelolaan informasi personal yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan tersebut akan dapat diketahui dari hasil polling yang diberikan kepada pelanggan. Semakin besar nilai hasil polling tersebut, maka semakin besar pula tingkat keberhasilan pengembangan system informasi pelayanan yang dilakukan.
No copy data
No other version available