Text
Pengaruh strategi developmentally appropriate practice terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Batu
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan pengaruh
strategi developmentally appropriate practice dengan strategi menghidupkan
suasana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP
Negeri 1 Tanjung Batu?. Desain penelitian ini menggunakan true eksperimental
design dengan bentuk pretest posttest control group desain. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas
dengan jumlah 127 peserta didik. Dengan menggunakan teknik Cluster Random
Sampling maka diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 32 orang dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah
32 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan
observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji
hipotesis dengan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data tes pada uji-t didapat thitung
> t tabel atau 2, 765 > 1, 999 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa
ada perbedaan pengaruh strategi developmentally appropriate practice dengan
strategi menghidupkan suasana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Berdasarkan hasil analisis data
observasi pada kelas eksperimen yaitu 93,3 % dan kelas kontrol 88,9 % sehingga
dapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik.
Sehingga disarankan kepada guru agar menerapkan strategi developmentally
appropriate practice ini dalam proses pembelajaran.
No copy data
No other version available