The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi developmentally appropriate practice terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Batu

Text

Pengaruh strategi developmentally appropriate practice terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Batu

ROSALINA - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan pengaruh
strategi developmentally appropriate practice dengan strategi menghidupkan
suasana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP
Negeri 1 Tanjung Batu?. Desain penelitian ini menggunakan true eksperimental
design dengan bentuk pretest posttest control group desain. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas
dengan jumlah 127 peserta didik. Dengan menggunakan teknik Cluster Random
Sampling maka diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 32 orang dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah
32 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan
observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji
hipotesis dengan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data tes pada uji-t didapat thitung
> t tabel atau 2, 765 > 1, 999 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa
ada perbedaan pengaruh strategi developmentally appropriate practice dengan
strategi menghidupkan suasana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Berdasarkan hasil analisis data
observasi pada kelas eksperimen yaitu 93,3 % dan kelas kontrol 88,9 % sehingga
dapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik.
Sehingga disarankan kepada guru agar menerapkan strategi developmentally
appropriate practice ini dalam proses pembelajaran.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Ros p 2014
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2014
Collation
xii, 70 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Strategi Developmentally Appropriate Practice, Has
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search