Text
Perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur di Kelas X TMO SMK N 1 Gelumbang
Penelitian ini berjudul “Perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur di kelas X TMO SMK N 1 Gelumbang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur di kelas X TMO SMK N 1 Gelumbang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TMO SMK N 1 Gelumbang dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X TKR sebagai kelas kelompok TPS dan siswa kelas X TSM sebagai kelas kelompok NHT. Hasil tes yang diperoleh yaitu nilai rata-rata siswa kelompok TPS sebesar 76,8 sedangkan nilai rata-rata siswa kelompok NHT sebesar 83,4. Hasil analisa data tes dengan menggunakan analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar -2,769 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α = 5% sebesar -1,996. Dari hasil analisa data tes dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa thitung < –ttabel, dengan demikian didapat kesimpulan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dikelas X TMO SMK N 1 Gelumbang. Dari hasil analisis data pada lembar observasi menunjukkan dimana rata-rata persentase keaktifan siswa kelas TPS sebesar 72,57%, sedangkan rata-rata persentase keaktifan siswa kelas NHT sebesar 80,24%, hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan keaktifan siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
No copy data
No other version available