Text
Pengaruh penerapan media flash card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Palembang
Skripsi ini berjudul penerapan media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Palembang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah ada pengaruh penerapan media flash card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Palembang?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media flash card terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Palembang yang berjumlah 797 siswa. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan tekhnik purposive sampeling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.7 dan VIII.5 . Dari hasil analisis data menggunakan rumus statistik parametris uji-t dua veriabel, dimana dari hasil analisis data tes diperoleh t hitung= 8,43 ttabel= 1,995 , dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, ada pengaruh dari penerapan media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5%. Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti menyarankan kepada guru dan pihak sekolah, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available