The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran fisika di Kelas XI SMA PGRI 4 Palembang

Text

Penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran fisika di Kelas XI SMA PGRI 4 Palembang

Lastriyani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) menyajikan suatu cara yang menarik dan ringkas untuk meningkatkan unjuk kerja siswa ke tingkat pencapaian suatu pokok bahasan yang lebih memuaskan. Penelitian ini adalah penelitian yang menerapkan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning). Metode yang digunakan adalah preeksperimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest design yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 4 Palembang dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran sedangkan tes untuk melihat hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan analisis data observasi, proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) adalah baik dengan rata-rata persentase 89%. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t, didapat harga thitung lebih besar dari harga ttabel (27,93 > 1,697), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA PGRI 4 Palembang setelah diterapkan Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning). Dan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) dalam kriteria “tuntas” dengan nilai ratarata ketuntasan 71,97 atau lebih dari 75% siswa telah mencapai KKM. Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) baik diterapkan dalam proses belajar mengajar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xiv, 35 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search