Text
Penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran fisika di Kelas XI SMA PGRI 4 Palembang
Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) menyajikan suatu cara yang menarik dan ringkas untuk meningkatkan unjuk kerja siswa ke tingkat pencapaian suatu pokok bahasan yang lebih memuaskan. Penelitian ini adalah penelitian yang menerapkan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning). Metode yang digunakan adalah preeksperimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest design yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 4 Palembang dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran sedangkan tes untuk melihat hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan analisis data observasi, proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) adalah baik dengan rata-rata persentase 89%. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t, didapat harga thitung lebih besar dari harga ttabel (27,93 > 1,697), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA PGRI 4 Palembang setelah diterapkan Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning). Dan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) dalam kriteria “tuntas” dengan nilai ratarata ketuntasan 71,97 atau lebih dari 75% siswa telah mencapai KKM. Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) baik diterapkan dalam proses belajar mengajar.
No copy data
No other version available