Text
Desain Pembelajaran Operasi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat Berbantuan Multimedia Melalui LSLC Peserta Didik Kelas VII
Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan aktivitas belajar yang dapat membantu
peserta didik memahami konsep operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat berbantuan
multimedia melalui LSLC di kelas VII. Penelitian ini terkait dengan kurikulum pembelajaran
2013 dan PMRI. Sistem pembuatan instrument dengan Lesson Study Learning Community, dan
Metode yang digunakan adalah Design Research terdiri dari tiga tahap: preliminary design,
design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VII
SMPN 1 Palembang. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri dari dua aktivitas belajar, dan soal
individu. Aktivitas 1 (sharing task) peserta didik memahami operasi perkalian dengan konteks
lari gawang dan operasi pembagian dengan konteks makanan tradisional,serta
mengidentifikasikan sifat-sifat operasi perkalian bilangan bulat. Aktivitas 2 (Jumping Task)
peserta didik menyelesaikan permasalahan sehari-hari berkaitan dengan operasi perkalian dan
pembagian bilangan bulat. Selanjutnya peserta didik mengerjakan soal individu. Media yang
digunakan LAPD dan video. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar
berbantuan multimedia melalui LSLC dapat membantu peserta didik memahami konsep operasi
perkalian dan pembagian bilangan bulat.
Kata Kunci : Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat, PMRI, LSLC, Design Research
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T00143 | Central Library | Available |
No other version available