Text
Pengembangan Soal Tipe PISA Menggunakan Konteks Tiket Online Berbantuan Macromedia Adobe Flash
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan soal matematika model
PISA menggunakan konteks tiket online berbantuan macromedia adobe flash
yang valid dan praktis (2) mengetahui efek potensial soal matematika model PISA
menggunakan konteks tiket online berbantuan macromedia adobe flash terhadap
kemampuan literasi matematis siswa SMA kelas X. Metode penelitian ini adalah
Design Research tipe development studies dengan dua tahap yaitu tahap persiapan
(preliminary) dan tahap formative evaluation. Pada tahap tahap preliminary,
peneliti melakukan analisis kurikulum, subjek penelitian, framework PISA, dan
membuat instrumen soal. Pada tahap formative evaluation, terdiri dari self
evaluation, expert reviews dan one-to-one, small group, serta field test. Subjek
penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Palembang. Teknik pengumpulan
data dengan dokumen, wolkthrough, tes, wawancara, dan observasi. Pada proses
pembelajaran, penelitian ini menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik Indonesia (PMRI) dengan sistem Lesson Study for learning Community
(LSLC) dimana semua guru matematika kelas X terlibat dimulai dari proses
pengembangan soal sampai field test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
bahwa soal matematika model PISA menggunakan konteks tiket online melalui
media pembelajaran interaktif berbantuan macromedia adobe flash yang valid dan
praktis. Valid dilihat dari segi konten, konstruk, bahasa, dan pengerjaan siswa
pada tahap one-to-one. Praktis dilihat dari pengerjaan siswa pada tahap small
group. Dari hasil field test, diperoleh bahwa soal memiliki efek potensial terhadap
kemampuan literasi matematika, yaitu kemampuan komunikasi, matematisasi,
representasi, penalaran dan argumen, memilih strategi untuk memecahkan
masalah, menggunakan bahasa simbolik, formal, dan teknis, serta menggunakan
alat-alat matematika.
Kata Kunci: PISA, Literasi Matematika, Tiket Online, Macromedia Adobe Flash
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T00142 | Central Library | Available |
No other version available