Text
Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Konten Change and Relationships Berbantuan PowerPoint
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe PISA yang
divisualisasikan dengan menggunakan media powerpoint yang valid dan praktis, serta
untuk mengetahui efek potensial soal terhadap kemampuan literasi matematika siswa
kelas X. Soal tipe PISA dikembangkan dengan metode Design Research tipe development
studies. Terdapat dua tahap pada prosedur penelitian ini yaitu tahap preliminary yang
terdiri dari analisis dan desain, dan tahap formative evaluation yang terdiri dari self
evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini
adalah 35 orang siswa kelas X SMA Srijaya Negara. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan walkthorugh, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
sistem LSLC selama proses pengembangan soal, dimana para guru kelas X terlibat dalam
penelitian ini sejak tahap pendesainan soal hingga field test. Dari hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat 7 unit soal matematika tipe PISA berbantuan powerpoint
yang valid dan praktis, serta kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan jawaban
siswa pada tahap field test. Siswa dapat memunculkan semua kemampuan dasar
matematika yang terdiri dari kemampuan komunikasi, kemampuan matematisasi,
kemampuan representasi, kemampuan penalaran dan argumen, kemampuan kemampuan
memilih strategi untuk memecahkan masalah, kemampuan untuk menggunakan bahasa
simbolik, formal, dan teknis, serta operasi, dan kemampuan untuk menggunakan alat –
alat matematika. Selain itu didapatkan bahwa kemampuan yang dominan muncul yaitu
kemampuan komunikasi.
kata kunci: Soal Matematika Tipe PISA, Change and Relationships, PowerPoint, Literasi Matematika
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T00140 | Central Library | Available |
No other version available