Text
Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Palembang Berbantuan Video Movie Maker
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model PISA
menggunakan konteks Palembang berbantuan video movie maker yang valid dan
praktis serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematika
siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang.
Metodologi yang digunakan adalah design research tipe development studies,
dengan 2 tahap yaitu preliminary dan formative evaluation. Pada tahap
preliminary dilakukan analisis kurikulum, framework PISA, subjek penelitian dan
membuat instrumen soal. Tahap formative evaluation meliputi self evaluatioan,
expert reviews dan one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah dokumentasi, walk through, tes, observasi, dan
wawancara. Penelitian ini telah menghasilkan soal matematika model PISA
menggunakan konteks Palembang berbantuan video movie maker yang valid dan
praktis, serta memiliki efek potensial. Valid terlihat dari hasil penilaian validator
berdasarkan dari segi konten, konstruk, dan bahasa serta pengerjaan siswa pada
tahap one-to-one. Praktis terlihat dari hasil jawaban siswa pada tahap small group
dimana siswa dapat memahami maksud soal. Efek potensial diperoleh dari hasil
jawaban siswa pada tahap field test. Berdasarkan analisis hasil jawaban siswa,
kemampuan literasi matematika yang muncul adalah komunikasi; matematisasi;
representasi; penalaran dan argumen; memilih strategi untuk memecahkan
masalah; menggunakan bahasa simbolik, formal, dan teknis; dan menggunakan
alat-alat matematika.
Kata kunci: PISA, Palembang, Movie Maker, Literasi Matematika
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T00139 | Central Library | Available |
No other version available