The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Representasi Mitos Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Clean & Clear Natural Bright Face Wash “Mine Mine Mine”)

Deviana Candra - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Mitos kecantikan yang ada dalam masyarakat tidak pernah berhenti terbentuk sesuai dengan iklan yang membuat kontruksi bagaimana cantik perempuan berwujud. Iklan Clean & Clear Natural Bright Face Wash “Mine Mine Mine” di media televisi muncul dengan mengambarkan bahwa cantik bukan sebatas warna kulit tertentu, seperti kulit putih, namun sesuai warna kulit alami yang cerah. Perbedaan konsep cantik yang dikonstruksikan oleh iklan ini menarik untuk diteliti bagaimana representasi mitos kecantikan yang ada dalam iklan Clean & Clear tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes dan mengunakan teori mitos kecantikan Naomi Wolf. Hasil penelitian dalam iklan menunjukan representasi mitos kecantikan yang tergambarkan dengan 1) Cantik dari luar (Outer Beauty) tergambarkan dengan warna kulit yang berbeda yang cerah alami, namun dengan mengunakan konsep cerah yang identik dengan konsep putih, menjadikan konsep warna kulit putih tetap menjadi dominasi kecantikan kulit perempuan. 2) Tampilan rambut berbeda tidak berdampak akan kecantikan perempuan. 3) Perempuan cantik dalam iklan ini masih tergambarkan bertubuh tinggi dan langsing. Dari segi 4) Cantik dari dalam (Inner Beauty) yang ditonjolkan berupa penghargaan diri yang tinggi terhadap diri sendiri dan rasa percaya diri akan kemampuan tanpa harus mengubah fisik. Secara keseluruhan, mitos kecantikan yang diyakini masyarakat masih ada di dalam iklan televisi ini.
Kata kunci : Representasi, Mitos kecantikan, Semiotika, Iklan Televisi.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2019
Collation
Xv, 108 Hlm. : Ilus + CD
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Representasi
Ilmu Komunikasi
Mitos kecantikan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Deviana Candra
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search