Text
Pengaruh Pesan Iklan Bergambar (Picture Health Warning) Pada Bungkus Rokok Terhadap Perilaku Merokok Remaja (Studi Pada Perokok Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya Kampus Palembang)
Pada tahun 2013 pemerintah mulai mencoba menekan dampak negatif dari rokok, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu setiap produsen rokok diharuskan mencantumkan label peringatan bahaya merokok (Picture Health Warning) pada setiap kemasan rokok dimana telah ditetapkan dalam Undang-Undang No 28 tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teori Pengaruh Pesan Iklan dariWilbur Schramm dalam (Effendy Onong U, 2003). Teori ini digunakan untuk mencari pengaruh pesan iklan Picture Health Warning. Kemudian teori perilaku merokok dari Laventhal dan Cleary dalam (Komasari dan Helmi, 2000) untuk mengetahui perilaku merokok remaja. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Sriwijaya Kampus Palembang angkatan 2015-2018 sebanyak 92 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, studi dokumentasi, dan observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pesan iklan bergambar (Picture Health Warning) pada bungkus rokok terhadap perilaku merokok remaja sebesar 42%.
Kata kunci: Pengaruh pesan iklan, Picture Health Warning, perilaku merokok
No copy data
No other version available