The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Tingkat Kepuasan Pasien Layanan Kesehatan Puskesmas Simpang Timbangan Di Kabupaten Ogan Ilir

Aries Cahyani Puspa Ayu Syaiputri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kepuasan pasien adalah hal terpenting yang harus diutamakan dalam pelayanan di sebuah Puskesmas, Rumah Sakit ataupun lembaga pelayanan kesehatan lainnya. Elemen masyarakat baik individu, keluarga, berhak memperoleh pelayanan atas kesehatannya dan pemerintah bertanggung jawab mencanangkan, mengatur, menyelenggarakan dan mengawasi penyelenggaraan kesehatan secara merata dan terjangkau oleh masyarakat. Penelitian ini berdasarkan teori Keputusan Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah mengatakan bahwa terdapat 14 (empat belas) unsur yang menjadi pedoman dalam pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat. Selain itu penelitian ini mengangkat sebuah judul “Tingkat Kepuasan Pasien Layanan Kesehatan Puskesmas Simpang Timbangan di Kabupaten Ogan Ilir” dengan tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien yang ada di Puskesmas Simpang Timbangan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode acak (random). Pengujian validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan SPSS 20 dan menghasilkan nilai valid serta reliabel dalam setiap unsurnya. Hasil dari penelitian menunjukkan kinerja Puskesmas Simpang Timbangan dengan nilai baik atau memuaskan sebanyak 70%. Dari ke-14 unsur pelayanan menghasilkan nilai baik atau memuaskan, hanya terkecuali satu unsur pelayanan yang menghasilkan nilai kurang baik atau kurang memuaskan, yaitu unsur Kedisiplinan Petugas Pelayanan. Diharapkan Puskesmas Simpang Timbangan untuk meningkatkan kualitas gedung dengan renovasi atap agar memberikan kesan aman dan nyaman, meningkatkan komunikasi antar petugas kesehatan dengan pasien, meningkatkan alat medis agar lebih lengkap lagi dan tercukupi, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman dengan memperluas tempat parkir, serta meningkatkan kedisiplinan petugas kesehatan agar datang tepat waktu, bila perlu untuk memberikan sanksi kepada yang terlambat datang dan hadiah untuk yang datang tepat waktu.
Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, Kedisiplinan Petugas


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2019
Collation
Xiv, 182 Hlm. : Ilus + CD
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pelayanan Publik
kepuasan
Administrasi Publik
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Aries Cahyani Puspa Ayu Syaiputri
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search