Text
Pengaruh motivasi belajar , kepercayaan diri , dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi mahasiswa akuntansi universitas sriwijaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri dan keaktifan berorganisasi baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Akuntansi Univesitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi yang menjadi pengurus IMA (Ikatan Mahasiswa Akuntansi) tahun kepengurusan 2017-2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah responden sebanyak 77 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analsis regresi ganda.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa : (1) Tedapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, kepercayaan diri, dan keaktifan berorganisasi secara simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Akuntansi Universitas Sriwijaya (2) Terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Akuntasi Universitas Sriwijaya. (3) Tidak adanya pengaruh antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiwa Akuntansi Universitas Sriwijaya. (4) Terdapat pengaruh positif antara keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Akuntansi Universitas Sriwijaya.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kepercayaan diri, Keaktifan Berorganisasi, Prestasi Belajar.
No copy data
No other version available