Text
Analisis kinerja sistem antrian pada bni 46 cabang Universitas Sriwijaya Indralaya kabupaten Ogan Ilir provinsi Sumatera Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola kedatangan dan pelayanan
nasabah, serta kinerja sistem antrian pada BNI 46 Cabang Unsri Indralaya. Penelitian
dilakukan pada tanggal 06-26 November 2014. Pengamatan dilakukan secara acak
dengan interval waktu satu jam dan setiap interval waktu dilakukan pengulangan
sebanyak 3 kali. Metode analisis yang digunakan yaitu sistem antrian jalur beganda
. Model struktur antrian yang digunakan adalah Multi Channel – Single
Phase dengan menerapkan disiplin antrian First come – First Served. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola kedatangan nasabah berdistribusi Poisson dan pola
pelayanan nasabah berdistribusi Eksponensial. Kinerja antrian pada Teller
menunjukkan bahwa secara keseluruhan sudah optimal, dengan tingkat kesibukan
Teller yaitu 75,44% dan waktu tunggu antrian 1,7647 menit. Tingkat kesibukan
Teller paling tinggi (91,23% ) terjadi pada jam 10.00-11.00 dengan rata-rata nasabah
dalam sistem yaitu 11,4610 orang atau yaitu 12 orang. Sebaliknya tingkat kesibukan
Teller paling rendah (45,61%) terjadi pada jam 08.00-09.00 dengan rata-rata nasabah
dalam sistem yaitu 1,3976 orang atau 2 orang. Kinerja antrian pada costumer service
(cs) sudah optimal, dengan tingkat kesibukan cs (75,00%) dan rata-rata nasabah
dalam antrian 1,9286 orang
No copy data
No other version available