The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Gelumbang

Text

Penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Gelumbang

Dina Andhayani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest design yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Gelumbang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan tes untuk melihat hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dalam kriteria baik hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata yang dicapai siswa dalam kriteria “baik. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t, didapat harga thitung lebih besar dari harga ttabel (24,46 > 1,697), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gelumbang setelah diterapkan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis. Hasil analisis keefektifan peningkatan hasil belajar menggunakan juga dalam kriteria “baik, hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan siswa 0,73 dengan interpretasi “tinggi” dalam kriteria “baik”. Hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis dalam kriteria “tuntas” dengan nilai rata-rata ketuntasan 81,6 atau lebih dari 75% siswa telah mencapai KKM. Strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis baik diterapkan dalam proses belajar mengajar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xiv, 63 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Pembelajaran
Pemecahan Masalah Sistematis
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search