Text
Penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Gelumbang
Penelitian strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest design yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Gelumbang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan tes untuk melihat hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dalam kriteria baik hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata yang dicapai siswa dalam kriteria “baik. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t, didapat harga thitung lebih besar dari harga ttabel (24,46 > 1,697), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gelumbang setelah diterapkan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis. Hasil analisis keefektifan peningkatan hasil belajar menggunakan juga dalam kriteria “baik, hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan siswa 0,73 dengan interpretasi “tinggi” dalam kriteria “baik”. Hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis dalam kriteria “tuntas” dengan nilai rata-rata ketuntasan 81,6 atau lebih dari 75% siswa telah mencapai KKM. Strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis baik diterapkan dalam proses belajar mengajar.
No copy data
No other version available