Text
Analisis pemahaman konsep perpindahan kalor pada mahasiswa pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya pada konsep perpindahan kalor. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2012 yang melibatkan 40 mahasiswa. Sebagai alat pengumpulan data digunakan instrumen penelitian tes diagnostik perpindahan kalor berupa soal pilihan ganda disertai alasan sebanyak 21 soal. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep mahasiswa pada konsep konduksi sebesar 61,4%, sebanyak 29,1% mahasiswa mengalami miskonsepsi, dan 9,5% mahasiswa tidak memahami konsep. Pada konsep konveksi 41,7% mahasiswa memahami konsep, sebanyak 40% mahasiswa mengalami miskonsepsi, dan 18,3% mahasiswa tidak memahami konsep. Pada konsep radiasi 57,1% memahami konsep, sebanyak 33,9% mahasiswa mengalami miskonsepsi, dan 9% mahasiswa tidak memahami konsep. Mahasiswa memiliki banyak konsep alternatif dalam menjelaskan konsep-konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
No copy data
No other version available