Text
Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash pada materi pencerminan di kelas VII SMP
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan adobe flash yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset pengembangan (developmet research). Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu preliminary dan formatif evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 2 Prabumulih yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi instrumen, observasi dan tes. Lembar validasi instrumen digunakan untuk data tentang kevalidan dari media pembelajaran yang telah didesain. Observasi dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kepraktisan media pembelajaran menggunakan adobe flash, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang telah valid dan praktis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan penilaian dari dosen dan rekan mahasiswa, media pembelajaran menggunakan adobe flash yang sedang dikembangkan oleh peneliti valid; (2) Berdasarkan hasil observasi saat uji coba media pembelajaran yang sedang dikembangkan peneliti praktis; (3) berdasarkan hasil tes siswa saat field test 86,67% siswa sudah termasuk dalam kategori baik, sehingga media pembelajaran ini memiliki efek potensial dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available