Text
Penerapan strategi active learning tipe firing line untuk meningkatan hasil belajar kimia siswa di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Indralaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan strategi active learning tipe firing line di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes akhir siklus. Observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran berlangsung (aktivitas siswa dan guru) dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Indralaya Utara pada siklus I yaitu 66,43%, siklus II 53,12%, dan siklus III 78,77%. Rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 53,21, siklus II 69,25, dan siklus III 71,11. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam belajar melalui strategi active learning tipe firing line. Selain itu proses pembelajaran semakin membaik pada setiap siklus. Saran yang dapat diberikan yaitu guru dapat menggunakan strategi active learning tipe firing line apabila mengalami permasalahan keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah.
No copy data
No other version available