The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penggunaan media berbasis komputer program autocad terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMK Negeri 1 Inderalaya Utara

Text

Pengaruh penggunaan media berbasis komputer program autocad terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMK Negeri 1 Inderalaya Utara

Mizer - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis komputer dengan program AutoCAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasy eksperimental (ekspeimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas eksperimen dan X TKR 2 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh, seluruh populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan teknik Tes, observasi, dokumentasi. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa yang meliputi aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukan terjadi perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektip, psikomotorik pada kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis komputer program AutoCAD dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Dari hasil analisa data tes dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa thitung > ttabel, yaitu thitung sebesar 4,49 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk 68 sebesar 1,675. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dari kedua kelas penelitian berbeda secara meyakinkan pada taraf signifikansi 5%. Maka hasilnya menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan ada pengaruh penggunaan media berbasis komputer program AutoCAD sebagai media pembelajaran secara meyakinkan pada taraf signifikansi 5% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis komputer program AutoCAD ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
xiii, 71 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Media Pembelajaran Animasi 3DS MAX
Media berbasis komputer program AutoCAD
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search