Text
Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode buzz groups dalam pembelajaran kimia di kelas X.3 SMA N 1 Tanjung Raja
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa kelas X3 SMA N 1 Tanjung Raja melalui metode Buzz Groups. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I, II dan III yaitu 49,54%, 62,31 % dan 72,54%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 62,27 (36,37%) sedangkan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar pada siklus I, II, III yaitu 79,64 (72,73%), 82,12 (81,81%), dan 87,58 (93,94%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Buzz Groups dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa. Berdasarkan simpulan penelitian, disarankan kepada guru kimia maupun guru bidang studi lainnya di Sekolah Menengah Atas dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas dapat menerapkan metode Buzz Groups sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran kimia.
No copy data
No other version available