Text
Perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media berbasis komputer dengan media charta pada mata pelajaran sistem injeksi bahan bakar diesel di kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Prabumulih
Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil, Belajar Siswa Antara Penggunaan Media Berbasis Komputer Dengan Media Charta Pada Mata Pelajaran Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel Di Kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Prabumulih”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa antara penggunaan Media Berbasis Komputer dengan Media Charta pada mata pelajaran sistem injeksi bahan bakar diesel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen design (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Prabumulih dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Otomotif 1 dan siswa kelas XI Teknik Otomotif 2 dengan jumlah siswa 58 orang. Data yang diambil berupa hasil belajar serta keaktifan siswa. Hasil tes yang diperoleh yaitu nilai rata-rata siswa kelompok eksperimen 1 (Media Berbasis Komputer) sebesar 77,07 sedangkan nilai rata-rata siswa kelompok eksperimen 2 (Media Charta) sebesar 73,27. Hasil analisa data tes dengan menggunakan analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,51 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α = 5% sebesar 2,004. Dari hasil analisa data tes dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung < ttabel. Dari hasil nilai rata-rata siswa tersebut maka didapat kesimpulan bahwa hasilnya adalah menolak Ha dan menerima Ho yang menyatakan tidak ada perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media berbasis komputer dengan media charta ada mata pelajaran sistem injeksi bahan bakar diesel di kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Prabumulih. Dari hasil analisis data pada lembar observasi menunjukkan dimana rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen 1 sebesar 80.17% sedangkan rata – rata keaktifan siswa pada kelas eksperimen 2 sebesar 75,28%. Berdasarkan nilai rata – rata ( Mean ) serta hasil observasi aktifitas belajar siswa maka penggunaan Media Berbasis Komputer lebih baik daripada Penggunaan Media Charta pada mata pelajaran sistem injeksi bahan bakar diesel di SMK Negeri 1 Prabumulih.
No copy data
No other version available