Text
"Penerapan strategi pelayanan pembayaran pajak tahunan pada samsat kota Palembang
Pelayanan pembayaran pajak pada Samsat Kota Palembang berupa
layanan Samsat Keliling, Drive Thru dan Pokja merupakan suatu inovasi atau
strategi dalam hal melancarkan pembayaran pajak bagi masyarakat (wajib pajak).
Penerapan Strategi Pelayanan Pembayaran Pajak Tahunan pada Samsat Kota
Palembang ini merupakan salah satu upaya pihak Kepolisian, Dinas Pendapatan
Daerah dan Jasa Raharja yang mempunyai tujuan memberikan pelayanan prima
dan melancarkan masyarakat (wajib pajak) yang ingin melakukan pembayaran
pajak. Dengan adanya penerapan strategi pelayanan tersebut, dapat meminilisir
tindak bantuan jasa yang kerap terlihat di sekitar lingkungan Samsat Kota
Palembang serta memangkas antrian yang sangat panjang di loket kantor Samsat.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan gambaran tentang
Penerapan Strategi Pelayanan Pembayaran Pajak Tahunan pada Samsat Kota
Palembang, dari aspek pelaksanaan dilapangan. Lokus penelitian ini, pada bagian
ruangan Pokja yakni didalam loket kantor Samsat, bagian lingkungan layanan
Drive Thru dan bagian dari Samsat Keliling dan masyarakat selaku wajib pajak
penerima layanan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana dalam
tipe penelitian ingin menunjukan dalam mengidentifikasikan dan mendeskripsikan
hal-hal yang terjadi pada Samsat Kota Palembang.Teori yang digunakan dalam
penelitian, menggunakan buku dari Richard L Daft pada bagian 7 mengenai
penerapan strategi yang memaparkan dimensi Kepemimpinan, Rancangan
Struktural, Sistem Informasi dan Kendali, dan Sumber Daya Manusia. Dimana
peneliti menggunakan salah satu dimensi penerapan strategi Richard L Daft yaitu
dimensi Rancangan Struktural, sebagaipembahasan untuk data lebih mudah di
analisis sehingga dapat ditemukan pola-pola sebagai wawancara. Teknik analisis
data menggunakan kualitatif dengan data pendukung menggunakan rumus ratarata
hitung (mean).
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan penerapan strategi
pelayanan berupa layanan Samsat Keliling, Drive Thru dan Pokja telah berjalan
sesuai dengan tujuan tetapi, masih ada kendala. Kendala-kendala yang terjadi
antara lain masih belum berjalannya fasilitas-fasilitas yang ada pada layanan
Pokja, seperti toiletyang masih tidak terjaga kebersihanya, kursi-kursi tempat
dimana wajib pajak menunggu antrian sebagian masih rusak, adanya tumpang
tindih antara unit-unit pelayanan yang lain yang ada pada layanan Samsat Keliling
dan Drive Thru.
No copy data
No other version available