Text
tIngkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM (studi pada pemohon SIM A dan SIM C di Polresta Palembang)
Penelitian ini berjudul “TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAN DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SIM”. Studi kasus dilakukan di Polresta Palembang. Dalam penelitian ini permasalahan yang ingin dilihat adalah seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM di Polresta Palembang dan apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan dalam pelaksanaan pembuatan SIM berdasarkan kelompok pemohon SIM A dan SIM C. Masyarakat pada penelitian ini adalah individu yang membuat SIM A dan SIM C di Polresta Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM di Polresta Pelembang dan mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan dalam pelaksanaan pembuatan SIM berdasarkan kelompok pemohon SIM A dan SIM C. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif serta menggunakan kuisioner sebagai instrument penelitian. Lokasi penelitian berada pada Polresta Palembang. Unit analisis pada penelitian ini adalah individu yang membuat SIM di Polresta Palembang pada tahun 2012. Penarikan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Proses analisis data dilakukan melalui empat tahapan yaitu pengujian validitas dengan mengunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas data dengan mengunakan rumus split half procedure, pengujian normalitas data dengan menggunakan chi-quadrad, dan pengujian hipotesis dengan mengunakan rumus uji mann-whitney dikarenakan pada pengajuan normalitas data, data dinyatakan tidak normal, maka jenis statistik yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan rumus uji beda menjadi rumus uji mann-whitney. Berdasarkan hasil penelitian ini maka nilai rata-rata dari seluruh jawaban responden menunjukkan hasil bahwa tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM di Polresta Palembang adalah tidak lebih besar dari 75% atau tidak terletak di kuartil ke- 3. Berdasarkan hasil perhitungan terdapat perbedaan tingkat kepuasan dalam pembuatan SIM berdasarkan kelompok pemohon SIM A dan SIM C.
No copy data
No other version available