The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis pendapatan dan efisiensi pemasaran jagung manis di Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota Palembang

Text

Analisis pendapatan dan efisiensi pemasaran jagung manis di Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota Palembang

WITHA RUSMAWATI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Menganalisis pendapatan petani
dan harga pokok jagung manis Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota
Palembang, 2) Mendeskripsi saluran pemasaran yang terjadi dalam pemasaran
jagung manis di Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota Palembang, 3)
Menganalisis tingkat efisiensi pemasaran jagung manis dengan menghitung besarnya
marjin pemasaran, biaya pemasaran, dan keuntungan yang diperoleh masing-masing
lembaga pemasaran, serta bagian yang diterima petani (farmer’s share).
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami
Kota Palembang. Pengambilan data pada daerah penelitian telah dilakukan pada
bulan April hingga Juli 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
survei. Metode survei ini dilakukan dengan meneliti 30 petani contoh yang
melakukan usahatani jagung manis dan sembilan pedagang contoh yang
memasarankan jagung manis.
Dari hasil penelitian, pendapatan rata-rata yang diterima petani di Kelurahan
Talang Jambe dalam melakukan usahatani jagung manis yaitu sebesar
Rp10.807.500,79 per luas garapan per musim atau sebesar Rp9.741.333,04 per
hektar per musim tanam. Harga pokok rata-rata jagung manis di Kelurahan Talang
Jambe yaitu sebesar Rp1.512,65 per kilogram per luas garapan.
Saluran pemasaran jagung manis di Kelurahan Talang Jambe adalah saluran
pemasaran tidak langsung, dimana terdapat dua saluran pemasaran. Saluran pemasaran
I yaitu saluran pemasaran dari petani di Kelurahan Talang Jambe menuju pedagang
pengumpul di Kecamatan Sukarami kemudian ke pedagang besar di Pasar Induk
Jakabaring Palembang selanjutnya ke pedagang pengecer yang berada di Pasar Km. 5
dan Pasar Sukarami. Sedangkan saluran pemasaran II yaitu saluran pemasaran dari
petani di Kelurahan Talang Jambe kemudian berpindah ke pedagang besar di Pasar
Induk Jakabaring Palembang selanjutnya ke pedagang pengecer di Pasar Km.5 dan
Pasar Sukarami. Saluran pemasaran yang paling efisien dalam memasarkan jagung
manis adalah saluran pemasaran II.
Dari hasil pembahasan diperoleh rata-rata nilai efisiensi pemasaran jagung
manis pada saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II adalah masing-masing 1,82%
dan 1,79%. Ini menunjukan bahwa saluran pemasaran II lebih efisien dibandingkan
saluran pemasaran I, karena nilai efisiensinya lebih kecil.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Wit a 2013
Publisher
Inderalaya : Fak. Pertanian., 2013
Collation
xviii, 88 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search