Text
Analisis saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran beras di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan saluran pemasaran beras
dari tingkat petani hingga ke konsumen akhir di Kabupaten Ogan Komering Ulu
Timur, (2) menganalisis besar tingkat efisiensi pemasaran dari setiap saluran
pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran dari masing-masing lembaga pemasaran
pada setiap saluran di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, (3) menghitung ratarata stok beras yang dimiliki oleh pedagang di Kabupaten Ogan Komering Ulu
Timur.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumber Asri dan Desa Rejodadi di
Kecamatan Buay Madang Timur serta Desa Karang Sari di Kecamatan Belitang III
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Propinsi Sumatera Selatan pada bulan
Februari sampai dengan Maret 2014. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja
(purposive sampling). Metode penarikan contoh untuk petani contoh menggunakan
metode pemilihan sengaja (purposive sampling) sedangkan untuk pedagang contoh
menggunakan metode penelusuran (snowball sampling). Data yang dikumpulkan
berupa data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga macam saluran pemasaran,
yaitu saluran pemasaran I (16,67 %) yang melibatkan petani dan pedagang
pengumpul. Kemudian saluran pemasaran II (46,67 %) yang melibatkan petani,
pedagang pengumpul dan pedagang pengecer serta saluran pemasaran III (36,67 %)
yang melibatkan petani, pedagang pengumpul, pedagang besar dan pedagang
pengecer.
Saluran pemasaran yang paling efisien di Kabupaten OKU Timur adalah
saluran pemasaran I (2,17 persen), kemudian saluran pemasaran II (5,33 persen) dan
yang terakhir adalah saluran pemasaran III (6,49 persen). Urutan lembaga pemasaran
dari yang paling efisien adalah pedagang pengecer saluran III (0,94 persen),
pedagang pengumpul saluran I (2,17 persen), pedagang pengumpul saluran II (2,43
persen), pedagang pengumpul saluran III (2,70 persen), pedagang besar (2,85
persen), dan terakhir pedagang pengecer saluran II (2,90 persen). Dari hasil
penelitian ini juga dapat terlihat bahwa untuk stok beras rata-rata di masing-masing
lembaga pemasaran beras di Kabupaten OKU Timur adalah di tingkat pedagang
pedagang pengumpul sebanyak 2.674,96 kilogram per bulan, di tingkat pedagang
besar sebanyak 34.270,50 kilogram per bulan, sedangkan di pedagang pengecer
sebanyak 3.500,00 kilogram per bulan.
No copy data
No other version available