The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran beras di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Text

Analisis saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran beras di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

ARINDA PRATIWI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan saluran pemasaran beras
dari tingkat petani hingga ke konsumen akhir di Kabupaten Ogan Komering Ulu
Timur, (2) menganalisis besar tingkat efisiensi pemasaran dari setiap saluran
pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran dari masing-masing lembaga pemasaran
pada setiap saluran di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, (3) menghitung ratarata stok beras yang dimiliki oleh pedagang di Kabupaten Ogan Komering Ulu
Timur.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumber Asri dan Desa Rejodadi di
Kecamatan Buay Madang Timur serta Desa Karang Sari di Kecamatan Belitang III
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Propinsi Sumatera Selatan pada bulan
Februari sampai dengan Maret 2014. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja
(purposive sampling). Metode penarikan contoh untuk petani contoh menggunakan
metode pemilihan sengaja (purposive sampling) sedangkan untuk pedagang contoh
menggunakan metode penelusuran (snowball sampling). Data yang dikumpulkan
berupa data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga macam saluran pemasaran,
yaitu saluran pemasaran I (16,67 %) yang melibatkan petani dan pedagang
pengumpul. Kemudian saluran pemasaran II (46,67 %) yang melibatkan petani,
pedagang pengumpul dan pedagang pengecer serta saluran pemasaran III (36,67 %)
yang melibatkan petani, pedagang pengumpul, pedagang besar dan pedagang
pengecer.
Saluran pemasaran yang paling efisien di Kabupaten OKU Timur adalah
saluran pemasaran I (2,17 persen), kemudian saluran pemasaran II (5,33 persen) dan
yang terakhir adalah saluran pemasaran III (6,49 persen). Urutan lembaga pemasaran
dari yang paling efisien adalah pedagang pengecer saluran III (0,94 persen),
pedagang pengumpul saluran I (2,17 persen), pedagang pengumpul saluran II (2,43
persen), pedagang pengumpul saluran III (2,70 persen), pedagang besar (2,85
persen), dan terakhir pedagang pengecer saluran II (2,90 persen). Dari hasil
penelitian ini juga dapat terlihat bahwa untuk stok beras rata-rata di masing-masing
lembaga pemasaran beras di Kabupaten OKU Timur adalah di tingkat pedagang
pedagang pengumpul sebanyak 2.674,96 kilogram per bulan, di tingkat pedagang
besar sebanyak 34.270,50 kilogram per bulan, sedangkan di pedagang pengecer
sebanyak 3.500,00 kilogram per bulan.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Ari a 2014
Publisher
Inderalaya : Fak. Pertanian., 2014
Collation
xx, 112 hlm.:ilus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search