Text
Perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran animasi 3ds max dengan penggunaan media pembelajaran power point pada kompetensi engine dan komponennya di kelas X TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara
Penelitian ini berjudul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Media Pembelajaran Animasi 3DS MAX dengan Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Pada Kompetensi Engine Dan Komponennya Di Kelas X TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran Animasi 3DS MAX dengan penggunaan media pembelajaran Power Point pada Kompetensi Engine dan Komponennya di Kelas X TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 dan siswa kelas X TKR 2 dengan jumlah siswa 70 orang. Data yang diambil berupa hasil belajar serta keaktifan siswa. Hasil tes yang diperoleh yaitu nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen1 (Media Pembelajaran Animasi 3DS MAX) yaitu sebesar 83,33 sedangkan nilai yang didapat dari siswa kelompok eksperimen2 (Media Pembelajaran Power Point) yaitu sebesar 70,14. Dari hasil analisa data tes dengan menggunakan uji “t” menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 3,79 > 1,997 pada signifikan α = 5% sebesar 1,997. Dari hasil nilai rata-rata siswa tersebut maka didapat kesimpulan bahwa hasilnya adalah menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Animasi 3DS MAX dengan media pembelajaran Power Point dikelas X TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Adapun nilai persentase yang didapat dari hasil analisis data pada lembar observasi menunjukkan dimana rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen1 sebesar 80,36% sedangkan rata – rata keaktifan siswa pada kelas eksperimen2 sebesar 69,53%. Berdasarkan nilai rata – rata ( Mean ) serta hasil observasi aktifitas belajar siswa maka media pembelajaran Animasi 3DS MAX lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Power Point pada kompetensi engine dan komponennya di kelas X TKR SMK Negeri 1 Indralaya Utara.
No copy data
No other version available