Text
Perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian kopi tubruk dan kopi instan di Kota Palembang
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui karakteristik dari
konsumen kopi tubruk dan kopi instan dan 2) Untuk mengetahui proses pengambilan
keputusan pembelian kopi tubruk dan kopi instan.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sialang Kecamatan Sako dan
Kelurahan 2 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. Penentuan lokasi ini
dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan karena tempat tersebut memenuhi
kriteria penelitian yaitu kedua lokasi tersebut termasuk dalam 10 kecamatan terpadat
di Kota Palembang dan mayoritas masyarakat di kedua wilayah penelitian meminum
kopi tubruk dan kopi instan setiap harinya Pelaksanaan pengumpulan data
dilapangan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2014. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode penarikan
contoh yang digunakan pada penelitian ini adalah metode acak sederhana, yaitu
mengambil dilakukan dengan cara mengundi dari seluruh jumlah KK di 2 wilayah.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data
sekunder. Data primer diperoleh dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara
langsung dengan melakukan pengisian kuisioner yang disiapkan sebelumnya.
Sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan
Perdagangan, Badan Pusat Statistika, Kantor Lurah Sialang dan Kantor Lurah 2 Ulu
serta penelitian-penelitian terdahulu yang terkait dengan permasalahan yang diteliti.
Karakteristik konsumen kopi tubruk dan kopi instan dilihat dari usia, mata
pencaharian, pendidikan, dan pendapatan baik kopi tubruk maupun kopi instan
didominasi oleh konsumen usia >40-55 tahun, bermata pencaharian Ibu Rumah
Tangga, pendidikan rata-rata SMA, dan pendapatan pada level menengah
(Rp. 1.000.000 – Rp. 2.500.000).
Tahapan proses pengambilan keputusan terdiri dari 1). Tahap Pengenalan
Kebutuhan ; 2). Pencarian Informasi ; 3). Penilaian Alternatif ; 4). Keputusan
Konsumen. Tahap pertama dan ketiga berada pada dikriteria tinggi, sedangkan
tahapan kedua atau pencarian informasi berada dikriteria sedang dan tahapan terakhir
yaitu pengambilan keputusan berada dikriteria rendah. Hal tersebut menunjukkan
bahwa responden sudah melakukan proses analisis terhadap produk yang mereka
beli.
Dari penelitian disimpulkan bahwa riset pasar merupakan hal penting dalam
menentukan strategi pemasaran yang baik dan tepat bagi produsen kopi tubruk
maupun kopi instan.
No copy data
No other version available