Text
Pengimplementasian model pembelajaran Cups di kelas X2 SMA Islam Az-Zahra Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep kimia siswa kelas X2 di SMA Islam Az-Zahra Palembang setelah diimplementasikan model pembelajaran CUPs. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent (pre test and post test) control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Diperoleh skor rata-rata post test kelas eksperimen adalah 80,24 sedangkan skor rata-rata post test kelas kontrol adalah 70,28. Uji-t pada taraf signifikan 5%, diperoleh thitung > ttabel yaitu (2,929) > (2,001). Hasil analisa Uji Gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,72 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,56. Dengan demikian ada peningkatan pemahaman konsep kimia pada siswa kelas X2 SMA Islam Az-Zahra Palembang setelah diimplementasikan model pembelajaran CUPs. Model pembelajaran CUPs dapat diimplementasikan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa yang diukur dari hasil belajar siswa di SMA Islam Az-Zahra Palembang
No copy data
No other version available