Text
Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 04 Palembang melalui permainan kartu bergambar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan
siswa kelas 1 SD Negeri 04 Palembang melalui permainan kartu bergambar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Negeri 04 Palembang
dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
membaca permulaan dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa permainan kartu bergambar dapat meningkatkan
keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil penelitian
yang telah dilakukan terhadap keterampilan membaca permulaan melalui
permainan kartu bergambar pada siklus I nilai rata-rata 65,55 dengan persentase
ketuntasan 66,67%. Selanjutnya pada siklus II naik menjadi 70,97 dengan
persentase ketuntasan 75% dan pada siklus III nilai rata-rata kembali naik menjadi
75,83 dengan persentase ketuntasan 86,11%. Berdasarkan indikator keberhasilan,
maka penelitian ini dianggap berhasil karena keterampilan membaca siswa telah
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥65 dan ketuntasan
klasikal yaitu ≥85%.
No copy data
No other version available