Text
Peningkatan hasil belajar siswa pada ilmu pengetahuan sosial melalui model discovery learning di kelas iv Sd Negeri 147 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian mengalami peningkatan pada Siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 68% dengan nilai rata-rata 62. Pada Siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 78% dengan nilai rata-rata 68. Pada Siklus III ketuntasan belajar siswa sebesar 89% dengan nilai rata-rata 77. Hasil aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I persentase keaktifan siswa dalam belajar mencapai 62% (cukup aktif), pada siklus II meningkat menjadi 74% (aktif), dan pada siklus III mengalami peningakatan menjadi 76% (aktif). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar ilmu pengetahuan sosial siswa.
No copy data
No other version available