The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan hasil belajar siswa pada ilmu pengetahuan sosial melalui model discovery learning di kelas iv Sd Negeri 147 Palembang

Text

Peningkatan hasil belajar siswa pada ilmu pengetahuan sosial melalui model discovery learning di kelas iv Sd Negeri 147 Palembang

Tri Sulistiono - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian mengalami peningkatan pada Siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 68% dengan nilai rata-rata 62. Pada Siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 78% dengan nilai rata-rata 68. Pada Siklus III ketuntasan belajar siswa sebesar 89% dengan nilai rata-rata 77. Hasil aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I persentase keaktifan siswa dalam belajar mencapai 62% (cukup aktif), pada siklus II meningkat menjadi 74% (aktif), dan pada siklus III mengalami peningakatan menjadi 76% (aktif). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar ilmu pengetahuan sosial siswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2015
Collation
xiv, 86 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Model Discovery Learning
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosia
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search