Text
Bauran pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengeluaran konsumen dalam mengonsumsi makanan dan minuman pada restoran vegetarian (Kasus di Restoran Maitreya dan Harmoni)
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan bauran
pemasaran restoran vegetarian (kasus di Restoran Maitreya dan Harmoni), 2)
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengeluaran konsumen dalam
mengonsumsi makanan dan minuman pada restoran vegetarian (kasus di Restoran
Maitreya dan Harmoni).
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palembang dengan waktu penelitian dan
pengumpulan data di lapangan pada bulan Maret 2016, dengan mengambil dua
lokasi berbeda yakni Restoran Vegetarian Maitreya yang beralamat di Jalan
Residen H. Abdul Rozak Ruko 1-3 dan lokasi kedua Restoran Vegetarian
Harmoni yang berlokasi di satu kompleks TK-SD Xaverius 9, SMP Xaverius 7,
SMK Xaverius 1 beralamat di Jalan Betawi Raya no.1707 Kelurahan Lebung
Gajah Kecamatan Sematang Borang. Metode penelitian yang digunakan dalam
adalah metode deskriptif analitik dengan teknik survei dan observasi, sedangkan
metode penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
accidental sampling. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data
primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan Penerapan bauran pemasaran yakni bauran
produk, kedua restoran tersebut memanfaatkan pasar sasaran anak sekolah, namun
karena Restoran Maitreya berada di dekat jalan utama Residen H. Abdul Rozak
maka tidak menutup kemungkinan pasar sasaran lain yakni masyarakat umum.
Sehingga Restoran Maitreya menyediakan menu yang bermacam-macam
ditunjukkan dengan harga produk vegetarian mulai dari harga Rp. 2.000,- (untuk
camilan) sampai Rp. 150.000,- untuk makanan dengan porsi besar. Sedangkan
Restoran Harmoni menyediakan menu yang lebih disukai siswa sekolah sehingga
harga produknya lebih bersesuaian dengan uang saku anak sekolah. Kisaran harga
produk Restoran Harmoni mulai dari harga Rp.500,- sampai 10.000,-.
Dalam aktivitas promosi, Restoran Maitreya dan Harmoni tidak gencar
melakukan promosi penjualan namun hanya mempromosikan vegetarian melalui
poster sebagai bagian dari dekorasi restoran, informasi mengenai restoran tersebut
sebagian besar berasal dari informasi konsumen ke konsumen lainnya/mouth to
mouth. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda didapatkan bahwa faktor
yang berpengaruh signifikan terhadap biaya mengonsumsi makanan dan minuman
vegetarian di Restoran Maitreya dan Harmoni adalah usia dan pekerjaan.
No copy data
No other version available