Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 49 Prabumulih Timur pada materi koperasi melalui model pembelajaran Quiz Team
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 49 Prabumulih Timur dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) setelah diterapkannya model pembelajaran Quiz Team. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang siswa, terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil belajar pada prasiklus menunjukkan rata-rata ketuntasan hasil belajar 40,74%. Setelah dilakukan penelitian, pada pelaksanaan siklus 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 62,96%, sedangkan hasil penelitian pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,19%, dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 3 meningkat mencapai 92,59%. Persentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus 1 yaitu 71,30 (cukup aktif), sedangkan pada siklus 2 persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 77,78% (aktif), dan persentase keaktifan siswa pada siklus 3 meningkat mencapai 84,49% (sangat aktif). Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri 49 Prabumulih Timur dengan menggunakan model pembelajaran Quiz Team.
No copy data
No other version available