The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 49 Prabumulih Timur pada materi koperasi melalui model pembelajaran Quiz Team

Text

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 49 Prabumulih Timur pada materi koperasi melalui model pembelajaran Quiz Team

Marta Apriana Susan - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 49 Prabumulih Timur dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) setelah diterapkannya model pembelajaran Quiz Team. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang siswa, terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil belajar pada prasiklus menunjukkan rata-rata ketuntasan hasil belajar 40,74%. Setelah dilakukan penelitian, pada pelaksanaan siklus 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 62,96%, sedangkan hasil penelitian pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,19%, dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 3 meningkat mencapai 92,59%. Persentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus 1 yaitu 71,30 (cukup aktif), sedangkan pada siklus 2 persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 77,78% (aktif), dan persentase keaktifan siswa pada siklus 3 meningkat mencapai 84,49% (sangat aktif). Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri 49 Prabumulih Timur dengan menggunakan model pembelajaran Quiz Team.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xii, 78 hlm. : ilus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Model pembelajaran Quiz Team.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search