Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas X TKJ2 SMK Negeri 1 Kayuagung
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kimia di kelas X TKJ2 SMK Negeri 1 Kayuagung. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdapat
dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, refleksi dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (T1)
didapat sebesar 41,54 dengan ketuntasan belajar sebesar 5,13%, siklus II (T2) ratarata
hasil belajar siswa sebesar 74,29 dengan ketuntasan sebesar 88,57% dan pada
siklus III rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 74,29 dengan ketuntasan
100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jisaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran kimia, sehingga disarankan bagi guru yang mendapatkan
permasalahan yang sama dapat menggunakannya sebagai model alternatif pilihan
dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available